Kamis, 13 Oktober 2011

Pembibitan Sengon Yang Efektif dan Efisien

Pohon sengon (Paraserianthes falcataria (L) Nielsen) atau yang dikenal Albizia merupakan pohon yang memiliki banyak keunggulan, sehingga pohon ini telah tercatat dalam Guinnes Book Of Records sebagai pohon yang memiliki pertumbuhan tercepat di dunia dan sering disebut sebagai pohon ajaib.


Saat ini pohon sengon telah menjadi primadona bagi para petani dan pengusaha sehingga pohon ini telah banyak dibudidayakan baik skala kecil, menengah hingga skala luas (perusahaan). Karena sengon memiliki banyak kelebihan inilah membuat pohon sengon semakin banyak diminati dan memiliki prospek pasar yang semakin baik di masa yang akan datang.

Pembibtan sengon merupakan kegiatan utama dan pertama pada budi daya tanaman kehutanan di lapangan. Kesalahan pembibitan di lapangan akan berdampak jangka panjang dan dapat merugikan secara ekonomi yang cukup besar. Oleh karena itu memerlukan penanganan pembibitan yang cerdas sehingga pembibitan sengon dapat berjalan efektif, efisien dan sangat menguntungkan secara ekonomi. Untuk membahas lebih jauh tentang pembibitan. Kami mempersilahkan Anda membaca "BUKU CARA CERDAS PEMBIBITAN SENGON" yang telah dibuat oleh pemilik blok ini. Buku  tersebut telah diterbitkan oleh Penerbit Kanisius Yogyakarta dan  Anda  dapat memperoleh di toko-toko buku di seluruh Indonesia.

Kelebihan-kelebihan buku tersebut adalah:

  • Buku berisikan dari hasil pengalaman/praktek terbaik penulis selama lebih dari 15 tahun menggeluti tanaman (sengon) yang disajikan secara sistematis, detail dan mudah dipahami.
  • Membahas tahapan pembibitan  sengon dari cara pemilihan benih yang baik (unggul), persemaian, pemeliharaan, seleksi bibit dan pemindahan (transplanting) ke lapangan.
  • Menjelaskan bagaimana menghitung kebutuhan benih, jarak tanam, kebutuhan polibag, air siram, media tanah polibag, plastik polibag dan standar kelas bibit yang dihasilkannya.
  • Menjelaskan bagaimana lokasi pembibitan yang ideal, desain bedengan, persemaian,  dan teknik penyiraman yang efektif dan efisien sehingga sangat menguntungkan  secara ekonomi bagi para  pelaku pembibitan sengon.
  • Para pembeli buku juga akan mendapatkan GRATIS KONSULTASI LANGSUNG DARI PENGARANG BUKU via telepon, sms, atau email dan bila memungkinkan dapat ketemu langsung dengan Pengarang buku tersebut agar lebih jelas dan lebih paham.
  • Para pembeli kolektif > 50 buku dari unsur-unsur Yayasan Keagamaan, Kelompok Tani, Perguruan Tinggi, Perusahaan, dan Organisasi sosial lainnya akan mendapatkan GRATIS PELATIHAN/TRAINING langsung dari Pengarang Buku ini. Hubungi Pengarang Buku ini secara langsung di HP: 081384608800.
Selamat membaca !

Tidak ada komentar: